GUI Pada Java

Gui Pada Java
Pengantar
  • GUI (Graphical User Interface), memungkinkan user untuk berinteraksi dengan komputer secara lebih baik.
  • Pengguna berinteraksi dengan berbagai elemen grafis,diantaranya: button, dialog box, menu, dsb.
  • Sejak 1994 Sun Microsystem berupaya untuk membuat JAVA memiliki perangkat bergaya desktop dengan ToolkitJAVA yang dikenal sebagai AWT (Abstract Windowing Toolkit)
  • Tahun 1997, muncul JFC (Java Foundation Class) untuk kepentingan pembuatan aplikasi Window yang merupakan pengembangan dari AWT.
  • JFC mempunyai kode swing yang terdapat pada package yang disediakan pada JAVA SDK versi 1.2 ke atas (JAVA 2).
  • JAVA menyediakan dua graphical library :
                 AWT (Abstract Windows Toolkit) 
                 Swing
 

Contoh:           import java.awt.* ;
                        Import java.awt.event.* ;
                        Import javax.swing.* ; 

Contoh Tampilan Gui sederhana:


Contoh Container-container pada Gui:
Container : Frame
 
        import javax.swing.*;
             class FramePertamaku extends JFrame {
             public FramePertamaku() {
         setTitle( "Frame Pertama );
         setSize( 300 , 200 );
              }
        }
public class Frameku {
public static void main (String args[ ] ) {
     FramePertamaku coba = new FramePertamaku();
     coba.show();
     }
}

Component : TextField


import javax.swing.*;
import java.awt.*;
import java.awt.event.*;
    public class TeksField {
    public static void main(String[ ] args) {
        JFrame frame = new JFrame("Membuat TeksField");
        JLabel label = new JLabel("Nama :");
        JTextField textField = new JTextField(20);
           frame.getContentPane().setLayout(new FlowLayout());
           frame.getContentPane().add(label);
           frame.getContentPane().add(textField);
           frame.pack();
           frame.setVisible(true);
           frame.setDefaultCloseOperation(JFrame.EXIT_ON_CLOSE);
       }
}

Component : Label
import javax.swing.*;
import java.awt.*;
import java.awt.event.*;
   public class KomponenLabel {
   public static void main(String[ ] args) {
          JFrame frame = new JFrame("Membuat Label");
         JLabel label = new JLabel("Pemrograman Berorientasi Obyek");
         frame.getContentPane().add(label);
         frame.pack();
         frame.setVisible(true);
         frame.setDefaultCloseOperation (JFrame.EXIT_ON_CLOSE);
         }
}

Komentar

Postingan populer dari blog ini

GUI (Events dan Pengambilan Nilai Pada Swings)

Konsep Dasar PBO

Enkapsulasi