GUI (Events dan Pengambilan Nilai Pada Swings)
Events dan Pengambilan Nilai Pada Swings
Sebelum membuat events pada sebuah tampilan gui sebelumnya buatlah terlebih dahulu tampilan gui yang sederhana.
Contoh tampilan gui sederhana:
Pada tampilan Gui diatas terdiri dari beberapa komponen yaitu:
- Label = pada label diberi nama dengan angka dan hasil perhitungan
- textfield = text field ini nanti fungsinya untuk menginputkan angka dan menampilkan hasil dari perhitungan setelah dilakukannya event pada sebuah tombol hasil.
- Button1 = pada komponen button ini diberi nama variabel hasil gunannya nanti akan diberikan sebuah event agar dapat melakukan sebuah perhitungan.
seperti gambar dibawah ini:
setelah dilakukannya event pada button diatas buatlah sebuah sourch programnya.
contoh sourch program:
import javax.swing.*;
public class Materi2 extends javax.swing.JFrame {
public Materi2() {
initComponents();
}
@SuppressWarnings("unchecked")
private void jButton1ActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
String a = String.valueOf (Nama.getText());
int b = Integer.parseInt(a);
int c;
c = b*2;
System.out.println("Tulisannya Adalah : "+a);
hasil.setText(""+c);
public static void main(String args[]) {
java.awt.EventQueue.invokeLater(new Runnable() {
public void run() {
new Materi2().setVisible(true);
}
});
}
// Variables declaration - do not modify
private javax.swing.JTextField Nama;
private javax.swing.JButton jButton1;
private javax.swing.JLabel jLabel1;
private javax.swing.JLabel jLabel2;
private javax.swing.JTextField nim;
// End of variables declaration
}
Setelah membuat sourch code nya kemudian mencoba mengaplikasikan event pada gui perhitungan tersebut.
Gambar diatas adalah hasil dari event sesuai sourch code yang sudah dibuat.
Komentar
Posting Komentar