Events dan Pengambilan Nilai Pada Swings Sebelum membuat events pada sebuah tampilan gui sebelumnya buatlah terlebih dahulu tampilan gui yang sederhana. Contoh tampilan gui sederhana: Pada tampilan Gui diatas terdiri dari beberapa komponen yaitu: Label = pada label diberi nama dengan angka dan hasil perhitungan textfield = text field ini nanti fungsinya untuk menginputkan angka dan menampilkan hasil dari perhitungan setelah dilakukannya event pada sebuah tombol hasil. Button1 = pada komponen button ini diberi nama variabel hasil gunannya nanti akan diberikan sebuah event agar dapat melakukan sebuah perhitungan. Sebelum dilakukannya perhitungan pada event terdapat langkah-langkah untuk membuat event terlebih dahulu pada tombol button1. seperti gambar dibawah ini: setelah dilakukannya event pada button diatas buatlah sebuah sourch programnya. contoh sourch program: import javax.swing.*; public class Materi2 extends javax.sw...
Konsep Dasar PBO Pemrograman berorientasi objek atau Object Oriented Programming (OOP) atau merupakan sebuah paradigma atau teknik pemrograman yang berorientasikan Objek. 1. Fungsi, Prosedur, Method Prosedur adalah sebutan untuk fungsi yang tidak mengembalikan nilai. Fungsi ini biasanya ditandai dengan kata kunci void. Fungsi adalah sebutan untuk fungsi yang mengembalikan nilai. Method adalah fungsi yang berada di dalam Class. Sebutan ini, biasanya digunakan pada OOP. 2. Kelebihan Konsep PBO Konsep OOP sangat cocok digunakan untuk mendefinisikan tipe data abstrak, hal ini karena OOP menyediakan struktur modular yang jelas untuk program. Konsep OOP mempermudah dalam mengubah kode yang sudah ada. Objek yang baru dibuat dapat terbentuk tanpa harus mengubah kode yang telah ada. 3. Konsep Kelas Bentuk atau gambaran umum ciri-ciri dari sebuah objek, contoh kelas adalah mobil. Kelas mobil memiliki objek yaitu: Toyota, Suzuki, Honda, dll...
Enkapsulasi Merupakan suatu metode dalam konsep OOP yang berfungsi agar suatu proses pada sebuah program tidak dapat diakses oleh proses lain. Terdapat 2 hal mendasar dari enkapsulasi : Information Hiding dan Interface to Access Data. Dasar enkapsulasi adalah penggunaan Kelas. KONSEP : INFORMATION HIDING & INTERFACE TO ACCESS Information Hiding Satu teknik menyembunyikan data dari sebuah kelas agar data tersebut tidak dapat diakses oleh kelas lain. Dilakukan dengan cara memberikan modifier private pada variable. Interface to Access Berfungsi untuk mengakses nilai dari suatu suatu variable yang telah disembunyikan (Information Hiding) yang bertujuan untuk memanipulasi data. Konsep ini dapat dilakukan dengan menggunakan sebuah method. Method ini dapat mengakses variable yang sebelumnya tidak dapat diakses. KONSTRUKTOR Method khusus yang akan dijalankan saat pada saat pembuatan objek (Instance). Cara mudah mengenali konstruktor adalah dengan melihat nama k...
Komentar
Posting Komentar